Home > Dear Diary, informasi > Tongseng Kambing

Tongseng Kambing

Sebelum cuti kemaren iseng-iseng cari resep tongseng kambing. Rencananya mau masak tongseng, siapa tau dapet daging kurban :ngarep:. Alhamdulilah dapet juga daging kambingnya😀

Ini nih resepnya dengan sedikit modifikasi😀

Original Sumber Resep Tongseng Kambing
BAHAN:
500 gr daging kambing
100 gr kol, potong kasar
10 cm serai, memarkan
1 cm lengkuas, memarkan
4 lembar daun jeruk, remas2
3 buah cengkih -terpaksa ditiadakan krn dirumah ga ada-
500 ml air
250 santan encer
1/2 sdt merica
2 sdm kecap manis
1 buah tomat, belah2  -ditiadakan juga karena ga suka tomat-
10 buah cabe rawit merah, belah2  -ditiadakan juga karena ga terlalu suka pedes-
1 sdm gula pasir
garam seperlunya
2 sdm minyak sayur untuk menumis
bawang goreng untuk taburan

BUMBU HALUS:
4 siung bawang putih
4 siung bawang merah
3 butir kemiri
1 sdt ketumbar
1/2 sdt jintan
1 cm kunyit

CARA MEMBUAT:

1. Tumis bumbu halus sampe layu
2. Masukkan serai, lengkuas, daun jeruk, dan cengkih, aduk sampe harum
3. Masukkan daging kaming, aduk sampe berubah warna
4. Tambahkan air, merica, dan cabe rawit, didihkan sampe empuk dengan api sedang
5. Tambahkan santan, kecap manis, garam, kol, dan tomat, didihkan dan aduk sampe kol layu
6. Angkat, sajikan ditaburi bawang goreng

 

Resep diatas sudah diuji coba di dapur rumah saya. Rasanya lumayan, walaupun rasanya ada yang kurang😀 -yang ini bukan krn resep tp mungkin krn yg masak masih ragu2 hehehe-. Jadinya dapet testimoni dari bapak juga lumayan, lumayan ga ada rasanya katanya, padahal bumbunya udah banyak banget kok ga ada rasanya T_T. Tetap semangat lah, sampe dapet testimoni enak dari bapak, tapi kapan pulang kampung lagi😀

trial and error pertama😀

  1. November 22, 2010 at 11:25 pm

    woh ahirnya masak juga sampean,harusnya dipotret tuh😀
    rasae bakal lebih enak kalo sampean tambah tomat meski dikit (setengah aja) plus sedikit cabe (2 biji lah),ga suka bukan berarti harus ditiadakan,yo kan?
    bakal ada rasa seger dari tomat plus sedikit pedas –weleh maleh ndromos ngene aku hehe–

    semangat coba-coba terus ya🙂

    • wulanekadalu
      November 23, 2010 at 8:09 am

      ada sih potonya tp kmrn ga bisa diuplot😦
      lain kali ditambahin tomat ama cabe klo ada yg mau makan, klo aku doang mah nanti mubadzir😀

  2. November 29, 2010 at 10:32 pm

    hadeh2,dah kembung kambing,ampe tensi rada naik,hiks 9 jt kali

    • wulanekadalu
      December 1, 2010 at 10:31 am

      hehehe, ya gpp pak, wis kesel2 ngungsi waktunya makan kambing😀

  3. December 3, 2010 at 11:01 am

    Mau d0nk, , masih gak??

    • wulanekadalu
      December 3, 2010 at 11:29 am

      udah abis dong😀
      terimakasih sudah berkunjung🙂

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: