Home > informasi > Lahar Dingin Semeru

Lahar Dingin Semeru

Beberapa hari ini banyak orang yang bertanya-tanya tentang lahar dingin Semeru yang sempat disiarkan di tv bahwa Semeru mengeluarkan lahar dingin. Lebih lagi karena pada postingan sebelumnya saya “ajak-ajak” ke Semeru, wah tambah banyak pertanyaan tentang Semeru. Ada yang bertanya “la Semeru banjir lahar dingin kok malah mau ke Semeru to mbak?” saya sih jawabnya enteng saja “walah lahar dingin kayak itu mah sudah biasa” sampai-sampai teman saya kaget.

Setahu saya setiap ada pemberitaan tentang lahar dingin Semeru pasti gambar yang diambil adalah diseputaran daerah “Pak Trubus”, kami di Lumajang sering memberi nama daerah ini sesuai nama keluarga yang tinggal didekatnya. Jadi yang dilihat di tv adalah jalur lahar dingin Semeru, tempat penambangan batu dan pasir yang didapat dari gunung Semeru. Diberita juga disebutkan bahwa setiap ada lahar dingin menghambat kendaraan yang akan lewat, tentu saja. Perlu diketahui juga, daerah penambangan itu bukanlah jalan yang disarankan untuk dilalui karena sebenarnya ada jalan lain yang lebih aman. Namun warga setempat biasanya melewati daerah penambangan ini sebagai shortcut selama lahar dingin Semeru masih bisa ditolerir. Karena kalau sedang besar-besarnya batu-batu yang ada di tambang itu bahkan bisa bergerak terbawa arus. Nah kalau kurang kebayang tempat penambangannya seperti apa, mungkin bisa dibantu dengan poto ini:

jalur lahar Semeru

tempat penambangan pasir Semeru

Nah bisa dilihat dipoto diaatsa satu rumah yang bertengger di pojok kanan atas itu rumahnya Pak Trubus. Dibawahnya bisa dilihat ada truk pengangkut pasir atau batu-batu. Nah batu-batu besar ini yang bisa terbawa arus lahar dingin Semeru kalau sedang banjir. Kalau digambar terlihat airnya cuma sedikit artinya sedang tidak ada banjir lahar dingin. Kalau dilihat lagi memang tempat ini seperti sungai besar yang tidak ada airnya, karena memang tempat ini adalah jalur muntahan lahar dari Semeru jadi harus dipersiapkan selebar-lebarnya. Tapi kalau lahar dingin seperti yang diberitakan di tv-tv itu memang bukan suatu kejadian yang aneh di tempat saya.

Jadi teman-teman tidak usah khawatir jika ingin join dengan rombongan yang akan ke Semeru tgl 26-29 nanti, karena status Semeru insyaAllah aman. Selain dari itu teman-teman PASS sudah profesional jadi kalau memang ada perubahan status Semeru tidak akan diabaikan begitu saja, pasti akan dijadikan pertimbangan untuk melakukan perjalanan ke Semeru. PASS tidak akan berani dan nekat berangkat ke Semeru jika memang tidak mendapat ijin dari pengelola Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Jadi?? sudah tidak parno lagi kan ke Semeru?😉

lahar dingin semeru

Categories: informasi Tags: , ,
  1. nuradinugroho
    October 12, 2010 at 4:59 pm

    gak parno ko’..malah pengen ke sana lagi..:D

    • wulanekadalu
      October 13, 2010 at 8:10 am

      hayuk ah,,tinggal atur jadwal,,hehehe

  2. October 13, 2010 at 9:56 am

    iya ga parno,tp parno liat isi dompet kagak cukup,hiks

    • wulanekadalu
      October 13, 2010 at 2:42 pm

      backpakeran, ngemper, ekonomi, mosok masih ga cukup dompetnya??hehe

  3. sinta
    October 15, 2010 at 2:16 pm

    weheee. setuju mbak. waktu tu saya juga lagi lewat jalan itu karena disarankan warga setempat dan sempet saya foto plus posting di blog. emang berita di tv suka lebai dan bikin penilaian orang jadi negatif mulu.

    • October 15, 2010 at 2:55 pm

      hehehe, iya, padahal kan emang biasa aja ya😀
      eh tapi kalau lagi banyak airnya (baca:lahar dingin) ya jgn lewat situ loh ya

  4. douwee
    October 18, 2010 at 4:04 pm

    dari dulu ampek sekarang ga parno tuh,,cuma kesempatanku belm datang untuk ke2kalinya *visit semeru😦

    • wulanekadalu
      October 19, 2010 at 8:39 am

      wah, udah pernah juga kesana wi?? hayuk atuh visit keduax😀

  5. douwee
    October 19, 2010 at 7:08 pm

    belum bu,,waktu pas mo ngedaki mah dapat larangan tuh dr pengerus semuruna,,gara2 lagi status awas waktu itu :))

    • wulanekadalu
      October 29, 2010 at 10:41 am

      walah, lain kali klo mau kesana survey dulu atuh bu, sampe kecele gitu kan sayang waktunya

  6. eka
    October 27, 2010 at 12:11 am

    aku ini orang jatim, tapi belum pernah naik semeru….

    kapan2 mbok ya saya diajak,kalo jalan2 kesana…

    • wulanekadalu
      October 29, 2010 at 10:45 am

      loh pak, dipostingan sebelumnya kan saya ngajak-ngajak, mumpung rame-rame itu bos
      tapi ini yg keatas udah mau turun, sepertinya sumpah pemuda kali ini rame bgt yang ikut

  7. November 4, 2010 at 1:22 pm

    jadi kangen Semeru.. pingin pulang😦

    • wulanekadalu
      November 4, 2010 at 3:09 pm

      pulang-pulang, tapi djkt sama juga kan banjirnya😛

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: