Home > Telekomunikasi > CDMA network dari kacamata awam ^^

CDMA network dari kacamata awam ^^

Telekomunikasi adalah teknik pengiriman atau penyampaian infomasi, dari suatu tempat ke tempat lain (wiki)

Kalau, GSM, CDMA? itu istilah yang sering kita dengar akhir-akhir ini karena provider telekomunikasi menggunakan 2 teknologi ini. Kurang tepat sih kalau saya bilang teknologi. Tapi kali ini saya tulis beberapa perangkat yang bisanya ada di jaringan CDMA, tp diGSM ada juga sih. Saya coba menuliskan definisi dengan bahasa awam. Karena waktu itu ada tugas menguraikan apa itu BSS, VLR, HLR dll tapi dengan bahasa awam, jadi ijinkan saya sharing disini juga. Maaf kalau ada yang kurang tepat.Untuk lebih mendalami dapat dicari situs belajar CDMA😀

Beberapa komponen yang ada dalam gambar dapat saya jelaskan sbb:

VLR (Visitor Location Register) adalah sentral database yang berada pada MSC berisi data mobile station/subscriber yang sedang aktif pada MSC. Data yang paling penting adalah data LAI (Location Area Identity) yang mengindentifikasi mobile station/subscriber berapa pada BSC yang mana.

BSS (Base Station System) adalah istilah dari sistem yang terdiri dari BSC(Base Station Controller) dan BTS(Base Transceiver Station). Beberapa BTS menginduk pada satu BSC.

HLR (Home Location Register) adalah sentral database yang berisi rincian data dari setiap pelanggan. Data berisi parameter pelanggan dan informasi tentang seluruh mobile station/subscriber yang teregistrasi pada network CDMA. Pada saat pelanggan melakukan call, maka sistem akan melakukan pengecekan pada HLR apakah nomer pelanggan tersebut terdaftar, jika iya maka panggilan akan diteruskan ke network tujuan. Jika tidak maka sistem akan memutuskan panggilan.

SMSC (Short Message Service Center) adalah sentral SMS, sebuah server yang berfungsi untuk mengolah seluruh aliran trafik SMS dari pelanggan. Pada saat pelanggan mengirimkan SMS maka setelah WIN memastikan balance pelanggan (prabayar) tersebut mencukupi maka SMS akan diteruskan ke nomor tujuan.

WIN (Wireless Intelligent Network) adalah sentral database yang berisi rincian balance/pulsa dari setiap pelanggan prabayar serta transaksi yang dilakukan pelanggan prabayar. Pada saat pelanggan melakukan call, maka sistem akan melakukan pengecekan pada WIN apakah nomer pelanggan tersebut memiliki balance yang mencukupi untuk melakukan call, jika iya maka panggilan akan diteruskan ke network tujuan. Ketika proses call berlangsung NE secara kontinyu mengecek balance dimana WIN melakukan deducting balance sesuai dengan tarif nya. Jika tidak maka sistem akan memutus panggilan.

Mudah-mudahan bermanfaat, dan sedikit menjawab tanda tanya ^^

Categories: Telekomunikasi Tags:
  1. kartikarahmawati
    May 11, 2010 at 4:53 pm

    Nice Post…:)

  2. May 11, 2010 at 9:41 pm

    boleh nanya satu lagi bu?itu alurnya gmn bu?
    semisal ada yg saling bertelepon ria?
    klo masalah gini, ane awam..awam sekali😀

    • May 17, 2010 at 11:19 am

      saat ada orang yang melakukan panggilan maka HLR akan mengecek apakah nomer tersebut terdaftar atau tidak, apakah pelanggan prabayar atau pascabayar, jika pelanggan prabayar makan dilakukan pengecekan di WIN untuk mengecek balance(saldonya). Jika masih mencukupi maka panggilan akan dilanjutkan ke MSC tujuan. Selama percakapan dilakukan pengecekan terus menerus dilakukan oleh WIN serta memotong balance sesuai pentarifan yang berlaku. demikian seterusnya.
      Jika pelanggan adalah pelanggan pascabayar maka panggilan akan dilanjutkan ke MSC tujuan. Pada MSC terdapat CDR yang berisi data call record pelanggan yang digunakan sebagai acuan untuk membuat tagihan pada akhir bulan, misalkan seperti itu.
      Jika pelanggan tidak memiliki pulsa yang mencukupi atau nomernya belum terdaftar maka akan terdengar bunyi tututututut atau tulalit tulalit:D

      • May 17, 2010 at 2:27 pm

        masih garuk2 kepala😀

      • wulanekadalu
        May 17, 2010 at 2:32 pm

        hmmm, maunya djelaskan seperti apa??
        makanya ikut kelasnya teknik telekomunikasi biar ga garuk2 kepala mulu😀

  3. May 18, 2010 at 7:52 am

    kuliah di elektro yak? penjelasannya detil banged😀

    • wulanekadalu
      May 18, 2010 at 8:32 am

      hehehe iya bu,,tapi ini juga udah dengan bahasa yang mudah dipahami kok😀

  4. eka
    May 21, 2010 at 4:25 pm

    hmmm….

    sebagai seorang awam…saya nggak ngerti penjelasannya bu..:D
    masih kurang awam bahasanya….

    • wulanekadalu
      May 24, 2010 at 8:11 am

      hehehe,,saya juga bingung pak, waktu disuruh bikin tulisan ya itu aja yang kepikir. Aku pikir sih ya awam tapi ga awam2 bgt gitu😀 *mekso

      • wulanekadalu
        May 24, 2010 at 8:12 am

        eg mungkin eka punya ide,,ato gimana ya bahasa awam yang baik untuk menjelaskan telekomunikasi ini??

  5. eka
    May 29, 2010 at 12:03 am

    itu beneran lho,..klo GSM mungkin saya ngerti tapi kalo CDMA memang bener awam…:D

    contoh bahasa awam,…masih inget kan, waktu njelasin modulasi dengan analogi orang ngirim surat,pake dibungkus,dikasih perangko,baru dikirim dan seterusnya,..bahasa awam dengan analogi seperti itu mungkin wul,…:D

    • wulanekadalu
      May 31, 2010 at 8:57 am

      wah bos kalau analogi yang kek gitu sebenernya mirip-mirip kok tapi kan ini lebih menjelaskan tentang perangkat-perangkatnya gitu(ngeles mode ON)
      Kalau masalah diudaranya kek walscode dkknya, itu juga agak susah menjelaskan dengan kata-kata awam emang. Mohon bimbingannya bos😀

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: