Home > informasi > Light ON dan Kanalisasi di UU-kan

Light ON dan Kanalisasi di UU-kan

Yak, untuk para pengguna motor, akhirnya aturan light ON dan kanalisasi di UU-kan tepatnya di UU no 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan.

Bagi yang belum tahu Light ON adalah menyalakan lampu disiang hari, ini penting lo apalagi untuk pengendara motor dijalan yang terdiri dari 2 jalur dan tidak ada pembatas antara 2 jalur tersebut. Dengan lampu menyala pasti kita lebih eye cathing alias klo ada pengendara lain jadi lebih keliatan gitu, lebih nyadar kalau didepan kita ada motor. Iya kan??

Sementara untuk kanalisasi penting juga supaya pengguna motor jalannya ga zigzag, wlaupun aku pengguna motor juga tapi kalau ada yang jalan zigzag gitu sebel juga. Mungkin yang naik mobil lebih berasa ga nyaman dengan perilaku pengguna motor yang seperti itu. Tapi yang paling penting adalah untuk mengurangi tingkat kecelakaan. Bayangkan jumlah total kecelakaan di Indonesia selama setahun jauh lebih tinggi daripada jumlah tentara AS yang mati di Iraq selama empat tahun dan tebih tinggi dari total kematian akibat HIV/AIDS. Haduh samapai segitunya ya, dan aku yakin pasti yang banyak korbannya dari pengendara motor, karena paling tinggi resikonya. Ga salah deh kalau pak Nurhadi(Wakapolres Jakarta Utara.red) bilang kampanye aman berkendara adalah never ending campaign.

Semua yang aku tulis disini aku cuplik  dan sedikit disadur dari Jawa Pos edisi Rabu, 29 Juli 2009, kolom Metropolis

uu22_2009

Buat semua pengendara motor–> jadilah pengendara motor yang baik🙂

Categories: informasi
  1. July 30, 2009 at 9:47 am

    klo di jogja kayaknya lum ada peraturan yang ketat harus light on. pada susah diatur, wakakakaka

  2. July 30, 2009 at 10:00 am

    Sudah seharusnya para pengendara R2 mentaati peraturan lalu lintas yang baru ini. Apa ga sayang sama nyawa …..??? Lihat statistik donk dari total angka kecelakaan di JATIM 2008, 61% (1.504) terjadi pada pengendara R2 yang penyebabnya 37% kecelakaan akibat tabrakan dari samping, 39% akibat nekat melanggar Marka dan sisanya 24% akibat head to head langsung. Sayangilah Jiwa anda, jika anda pengendara (biker) yang sadar akan jiwa dan keselamatan diri dan orang lain maka stop cukup sudah “MULAI HARI INI R2 DI SISI JALAN SEBELAH KIRI” Jangan Zig Zag lagi yaaaaaaaa

  3. July 30, 2009 at 3:55 pm

    kate phillips TERUS TERANG TERANG TERUS
    nyok kite nyalain lampu…….

    wahh kanalisasi di jkt ude ada…😀 (motor sepakat lewat trotowar… termasuk sayah…)😀

    • wulanekadalu
      July 30, 2009 at 4:47 pm

      heh,,,dasar ya..
      malah lewat trotoar coba!!

  4. July 30, 2009 at 10:23 pm

    hmm…ga punya motor. terus ga punya SIM C.
    test ajah ga lulus

  5. July 30, 2009 at 11:59 pm

    untuk Light ON setuju banget…..lebih2 di malam hari,kadang teman sesama pengendara motor lupa ga ngidupin itu lampu….jadinya gak keliatan itu orang ato monyet yang bisa naik motor🙂

    kanalisasi….hm 50% setuju sisanya gak…setuju karena bakal kembali tertib, gak setujunya karena di beberapa kondisi jalan bisa membahayakan pengendara motor, contohnya pas ada mobil (yang dikanan) mau belok kiri wah pasti repot klo gak nguasai kendali bisa senggol menyenggol dann mencium aspal…ada lagi kalo pas tiba2 MPU didepan kita (MPU di Surabaya kan wajib masuk jalur kiri) tiba2 berhenti ya udah siap2 ke sruduk dari belakang saking penuhnya jalur kiri (biasanya pagi pas kerja sama sore jam pulang).

    yang pasti hormati sesama pemakai jalan,demi keselamatan bersama….dan kurangi sikap agresif di jalan🙂

  6. anto
    October 7, 2009 at 8:35 am

    wah ujut tidak bersukur dengan adanya matahari, selain itu menggangu pandangan buat pengedara mobil,……….. meningkatakn pemanasan global. ini UU yang gak masuk akal.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: