Home > Uncategorized > Disiplin Dasar

Disiplin Dasar

Disiplin identik dengan menaati peraturan, semua peraturan. Tapi kalau menurut saya, entah kenapa disiplin itu adalah ontime. Dari dulu saya selalu ingin jadi orang yang bisa menghargai waktu. Baik waktu-waktu yang saya habiskan sendirian apalagi berhubungan dengan orang lain bahkan orang banyak.

Awal masuk ke perusahaan dimana saya kerja sekarang diadakan semacam pendidikan dasar. Memperkenalkan perusahaan, budaya perusahaan, sampai disiplin dasar. Apa itu disiplin dasar? Disini saya diajarkan bahwa disiplin dasar adalah datang tepat waktu, ontime, jam 08.00 WIB atau sesuai dengan peraturan yang ada. Seandainya pun tidak bisa datang tepat waktu karena beberapa hal yang benar-benar diluar kendali seharusnya bisa memberikan kabar atau ijin kepada atasan langsung. Kalau pun memang ada urusan mendadak sehingga membuat kita telat tetap harus ijin dengan atasan langsung. Atasan cenderung memberikan ijin kok selama memang alasannya rasional. Misal, mau ke poliklinik yang baru buka setelah jam8. Mau ke Bank. Ban bocor dtengah jalan. Macet karena suatu keadaan dan memang membuat macet semua jalan. Bukan alasan macet karena baru berangkat jam 08.00, ini bukan macet tapi memang kesiangan. Atau mungkin telat karena sarapan dulu.

Kasus yang terakhir pernah saya alami waktu awal kerja. Sebenarnya saya sudah datang sebelum jam 08.00, tapi karena belum sarapan akhirnya saya mampir makan dulu diwarungnya mbak Nik didepan kantor. Selesai makan saya kira-kira jam 08.30, saya langsung keruangan. Unfortunately, di kantor ada super big bos yang jarang-jarang dikantor, ditegur? Pasti, apalagi pagawai baru, kok sudah berani-beraninya telat-telat. OK, pelajaran hari itu, kalau mau sarapan mending kekantor dulu baru iji keluar sarapan atau beli nasi dulu baru dmakan dkantor.

Kira-kira sejak 2 bulan yang lalu dikantor diberlakukan absensi online. Dari situ nantinya akan djadikan perhitungan untuk tunjangan, jadi siap-siap kalau sering telat mungkin tunjangannya akan dikurangi. Selain itu untuk penilain individu juga terutama nilai disiplin dasar. Walaupun masih bisa titip absen juga sih.

Atasan saya sering sekali mengingatkan kami untuk selalu mengingat disiplin dasar, memegang prinsip disiplin dasar, terutama saat kita meeting dan ada beberapa orang belum datang dan atasan langsung tidak tahu kemana anggotanya.

Berharap bisa selalu memegang disiplin dasar tidak hanya dlingkungan kerja saja.

Hmmm.. Lagi-lagi waktu, kenapa bisa cepat berlalu 24 jam dalam sehari…

Categories: Uncategorized
  1. kartikarahmawati
    March 12, 2009 at 5:02 pm

    disiplin dunks.. tiap hari bangun jam 8 pagi, mandi trus, nyemil trus 9kurang seperempat buru2 ngantor.. hehehe..

  2. March 13, 2009 at 1:36 am

    “Bukan alasan macet karena baru berangkat jam 08.00, ini bukan macet tapi memang kesiangan. Atau mungkin telat karena sarapan dulu.”

    untung bukan aku… hohoho…

  3. ridhobustami
    March 13, 2009 at 5:21 am

    ni dia yang sulit dan susah…….
    disiplin……
    ngak tau gmana caranye…..
    ude nyoba sekali besoknya begitu lagi…
    selagi masih ada celah…
    ya dimaksimalkan….

    contohyangteramatsalah

  4. wulanekadalu
    March 13, 2009 at 8:52 am

    @kartikarahmawati: duh duh ga baik tu bu..

    @ridho: selagi ada celah dimaksimalkan.. mantap lah pak

    @anditia: no comment 😐

  5. nuradinugroho
    March 13, 2009 at 9:45 am

    @Tika; Gak baik tik….apalagi kalo R**** tau…ap kta dunia???hehe

    @Dalu: Klo org kantoran mah wajib!!! musti teng ontime!! Tapi buat para field engineer mah musti ad fleksibilitas kerja….tapi tetep ajah, q selama ini selalu musti dateng j8 teng!!! Klo telat pasti dtanya?? Ko baru dateng???? Tapi gak pernah ad pertanyaan…jm sgini ko blm plng???? *wkt menunjukkan pkl 02.00 dini harion onsite…….😦

  6. March 13, 2009 at 10:39 am

    wah wahh,,, ini keliatannya rada radaaa ……

    kabur ahhh!!

  7. wulanekadalu
    March 16, 2009 at 8:08 am

    @nan: kacian deh, makanya ga usah rajin-rajin bro. cari duit banyak-banyak buat siapa sih…

    @adi n andit: kalian sukses bikin orang emosi pagi-pagi minggu kemaren, let see how about this week..

  8. March 17, 2009 at 4:37 pm

    sayah udah 1 tahun ga pernah on time masuk kantor.
    dateng on time jam 8 pun ga akan mulai kerja. buka plurk, YM, buka blog, email gmail, dan site2 lain yang tidak pantas di sebutkan di sinih.dan semua itu memakan waktu 1 jam.

    jadi sayah memutuskan masuk jam 9an, untuk efisiesnsi kerja. maksudnya biar pas masuk langsung kerja. tapi kenyataan berkata lain. aktifitas diatas tetap sayah lakukan ampe jam 10.

  9. March 18, 2009 at 1:47 pm

    Disiplin dunk

    Ferry banget deh🙂

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: