Home > informasi > Klaim Tiket Kereta Api

Klaim Tiket Kereta Api

Pengalaman yang mungkin bisa jadi pelajaran buat kita semua, tentang pelayanan PT.KAI kepada calon penumpangnya. Khususnya untuk calon penumpang yang membeli tket online lewat ATM, yang setau saya sampai saat ini baru bisa dari bank Mandiri saja. Jadi kasus teman saya seperti ini.

Rencana jalan-jalan ke surabaya. Dari jakarta ke surabaya diputuskan naik bis, karena tiket kreta sudah habis. Untuk perjalanan dari Surabaya ke Jakarta dengan kereta api. Tiket kereta dibeli dengan cara booking online. Setelah mendapatkan notifikasi sms dari PT. KAI dengan nomer XL yang tidak cantik, harusnya kan pake nomer khusus..minimal nomer cantik lah, yang isinya sebagai berikut:

INFO 13TYP/13897 : KA BIMA TGL 31/12/08 SGU(17.00) – JNG(06.08) GRBG1 6D RP 337.500 KODE BOOKING 0217976138407 HRP BAYARKAN VIA ATM MANDIRI MX 3 JAM.

Otomatis sebelum 3 jam sudah dibayarkan, dan buktinya adalah struk dari ATM yang nantinya ditukar dengan tiket yang asli distasiun kereta. zteman saya pikir nanti saja ditukeanya, pas disurabaya. Musibah memang tidak pandang bulu. di perjalanan dari Jkt-Sby dompet teman saya hilgng beserta semua pernak-perniknya, termasuk struk tanda bukti pembayaran tiket. Dengan modal surat keterangan kehilangan dari kepolisian dan sms notifikasi dari KAI yang beruntungnya belum dihapus kita ke stasiun untuk kejelasan nasib.

Dari loket kreta kita diarahkan keruang operator di stasiun Surabaya Gubeng. Petugas ruang operator belum bisa memastikan dan mengeluarkan tiket atas nama teman saya walaupun setelah dicek didatabase sesuai dengan sms notifikasi bahwa di gerbong 1 nomer 6D adalah atas nama teman saya Kartika Rahmawati. Petugas kereta khawatir kalau bukti pembayaran ditemukan orang dan ditukarkan dengan tiket kereta jadi untuk nomer sekian sudah ada yang menempati nantinya di hari H-nya.  Tapi menurut saya itu kemungkinannya kecil, karena hilangnya adalah disekitar jkt-bdg, kalaupun ada yang menempati ya simpel aja berarti itu maling dompetnya!!

Tapi ternyata saya salah,,karena kasus teman saya yang lain. Nomer tempat duduk yang dia dapat ditiket tidak sama dengan nomer tempat duduk yang dia terima dari notifikasi sms. Nah, jadinya mungkin saja nomer jatah teman saya sudah ada yang menempati dan belum tentu malingnya. Saya bingung,,kalau seperti itu untuk apa notifikasi sms yang menyebutkan sampai detil ke nomer kursi??

Petugas operator di stasin Gubeng hanya bisa membantu nanti saat hari keberangkatan (31 des. red) kalau tempat duduk yang dimaksut sudah ada yang menempati maka akan dicarikan bangku lain selama masih ada kuota. Tanpa kejelasan nasib kita pulang. Di kantor saya sengaja mencari info PT.KAI intinya saya mau komplen, mau kliam tiket yang sudah dibayarkan. Kesulitan menemukan link yang benar akhirnya saya menemukan link kesini, disini saya langsung  menuliskan semua masalah. Beberapa saat kemudian ada telpon dari nomer bandung. ternyata dari pihak KAI yang saya kirimi komplen tersebut. Mereka berjanji akan membantu proses klaim tiket dengan Stasiun Gubeng Surabaya. Mereka juga meminta maap atas ketidaknyamanan pelayanan Stasiun Gubeng Surabaya. Bapaknya bilang kalau seharusnya tiket itu sudah bisa ditebus dengan satu syarat, yakni tanda pengenal atau fotokopinya.

Masalah baru, kan dompetnya ilang pak!! waduh..dengan telpon sana sini akhirnya saya bisa mendapatkan file scan KTP teman saya yang kebetulan ada dkantor. dengan bantuan teman2 kantor dikirimlah file tersebut dan saya print untuk kekperluan hari ini klaim tiket. Mudah-mudahan bisa berjalan lancar sesuai janji pihak KAI Bandung.

pesan moral:  KTP dan tanda pengenal yang lain itu penting!! harus ada scan tanda pengenal yang bisa dita donlot dari mana saya. bisa kita kirim ke email kita sendiri atau di uplot dimana deh, asal bisa kita akses dari mana saja saat kita butuh. Wajib!

satu lagi!–> ternyata Bank Mandiri tidak bisa mengeluarkan struk lagi untuk pembayaran tiket di ATM, jadi hanya dari ATM saya

  1. kartikarahmawati
    January 1, 2009 at 9:48 pm

    makasi bu wulan…
    udah memperjuangkan hak2 qt..
    klo ga ada dorongan & bantuan dr smua ga tau de..
    alhamdulillah ak bisa pulang..
    makasi bu..
    love u so…

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

