Home > Telekomunikasi > MOBILE BTS

MOBILE BTS

calon mobile BTS on-air

Seperti kita ketahui bersama BTS (Base Transceiver Station) merupakan network elemen terluar dari suatu jaringan nirkabel sebelum ke subscriber. Mungkin gampangnya BTS itu tower, ini kalo jelasin sama orang-orang awan biar ga lama-lama. Posisi BTS biasanya di bawah tower, kalau biasanya ada ruangan atau kotak besar,nah itu adalah shelter BTS. Kalau kita masuk kedalam, baru kita lihat tu yang namanya BTS, bentuknya kayak kotak besar, isinya card-card atau modul-modul dengan fungsi-fungsi tertentu. Biasanya setiap vendor memiliki tipe BTS yang berbeda, jadi kalau dilihat bentuk mungkin berbeda begitu juga penamaan card-cardnya. Tapi intinya secara keseluruhan memiliki fungsi yang sama.

Berdasarkan pengamatan saya, kalau berdasarkan letak kurang lebih BTS digolongkan menjadi 3 macam (CMIIW):

  1. BTS Green Field (GF) terletak diatas tanah langsung, gampangnya sih BTS nya namcep ditanah walaupun tidak green. Biasanya dikelilingi pagar besi untuk alasan keamanan pastinya. Soalnya pencurian BTS sudah semakin marak, pencurian batere terutama.
  2. BTS Roof Top terletak diatas bangunan, biasanya diatas rumah, gedung perkantoran, ruko atau diatas gedung-gedung yang lain. Kenapa harus diatas gedung? Yak arena waktu perencanaan titik yang tepat untuk BTS jatuh diadaerah yang sudah padat penduduk sehingga harus numpang di bangunan orang. Biasanya BTS seperti ini banyak ditemui didaerah kota.
  3. BTS mobil atau mobile BTS adalah BTS yang berbentuk mobil, jangan heran kalau tiba-tiba menemukan BTS mobil ini di parkiran kantor, parkiran masjid, parkiran kosan mungkin. Bentuknya bisa dilihat dipoto, tapi itu foto-foto BTS mobil yang belum on air jadi towernya masih belum berkembangšŸ˜€. BTS ini biasanya dipasang untuk menghapadapi lonjakan trafik atau untuk menjangkau pelanggan yang belum mendapatkan sinyal sebelum BTS beneran berdiri. Ya, BTS ini memang di-on air-kan untuk waktu-waktu tertentu saja karena nantinya harus mobile lagi untuk melayani daerah lain yang masih kurang BTSnya sebelum nantinya ada BTS baru.

Nah, sementara itu dulu keterangannya nanti ditambahkan lagi kalau ada info baru.

Update baru bisa dilihat diĀ http://www.bulansujud.com/2012/02/mobile-bts-apa-bts-mobil-apa-combat-apa.html, maklum pindah blogšŸ™‚

Categories: Telekomunikasi Tags:
  1. December 8, 2008 at 6:12 pm

    Mungkin gampangnya BTS itu tower, ini kalo jelasin sama orang-orang awan biar ga lama-lama.

    –> hehehe kasus yang sama dengan akušŸ™‚
    nice info, keep postingšŸ™‚

  2. f12man
    December 25, 2008 at 2:39 am

    hm….boleh juga poto-ne,bisa dimanfaatin pas mau promosiin sesuatu buat dijual.contoh klo aku mau jual si macan item, bisa minta sampean buat poto-in biar menarikšŸ˜‰ ntar aku ganti sepiring telor penyet ato nasi goreng trus minum air kran….mau??

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: